Minggu, 06 Mei 2012

Pesan Waisak dari Vatikan - Oleh IMABI Jatim



Pesan Waisak dari Vatikan


Jean-Louis Tauran, pemimpin dialog antar agama Vatikan (President of the Pontifical Council for Interreligious Dialogue Cardinal Protodeacon)


“Atas nama Dewan pimpinan dialog antar agama Vatikan, saya sangat senang karena masih berkesempatan untuk mengucapkan Selamat Hari Waisak pada Tahun ini. Harapan saya perayaan tahunan ini selalu membawa suka cita dan ketenangan hati bagi Anda semua diseluruh dunia.

Saat ini, di ruang kelas seluruh dunia memiliki siswa yang berasal dari beragam agama dan kepercayaan yang duduk bersebelahan, belajar satu sama lain. Keanekaragaman ini merupakan tantangan dan memicu refleksi yang mendalam pada kebutuhan untuk mendidik kaum muda untuk saling menghormati dan memahami keyakinan/agama yang beragam, tumbuh dengan pengetahuan tersebut, maju bersama menjadi manusia yang bertanggung jawab dan bergandengan tangan dengan orang-orang yang memiliki keyakinan yang berbeda-beda untuk menyelesaikan konflik, serta mempromosikan persahabatan, keadilan, perdamaian.”….

…” Sebagai Buddhis anda mewariskan kepada kaum muda kebijaksanaan tentang perlunya untuk tidak menyakiti orang lain dan untuk menghidupkan kehidupan kedermawanan dan berbelas kasih. Sebagai praktek yang dihargai dan diakui sebagai sebuah hadiah berharga bagi masyarakat. Ini adalah satu cara nyata dimana agama memberikan kontribusi untuk mendidik generasi muda menjadi generasi yang bertanggung jawab dan mampu bekerja sama dengan orang lain"...

(Sebagian pesan waisak dari vatican, dengan terjemahan bebas)
Sumber: www.vatican.va

Ikatan Mahasiswa Buddhis Indonesia – Jawa Timur (IMABI JATIM) mengucapkan selamat hari Tri Suci Waisak 2556 BE / 2012. Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia (Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta)

Genta Waisak Melantunkan Semangat Mawas Diri dan Hidup Harmoni (SAGIN)
Kebijaksanaan Tonggak Kejujuran (STI)
Meningkatkan Cinta Kasih dan Welas Asih (metta dan karuna) (WALUBI)

Marilah momentum Waisak 2556 BE kita internalisasikan dalam kehidupan sehari-hari secara nyata dengan SEMANGAT MAWAS DIRI DAN HIDUP HARMONI dengan sesama manusia, serta alam sekitar. Tidak lupa, kita turut mengembangkan KEBIJAKSANAAN Dhamma ajaran Buddha, yang merupakan TONGGAK bagi penegakan KEJUJURAN dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita selalu MENINGKATKAN CINTA KASIH DAN WELAS ASIH dalam MENUJU MANUSIA ARIF DAN BIJAKSANA.

Oleh: Ikatan Mahasiswa Buddhis Indonesia – Jawa Timur (IMABI JATIM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...