Minggu, 06 Mei 2012

Mengapa Begini Mengapa Begitu - Ven Thubten Chodron (English Version: I Wonder Why) - Part 13 - Langkah-Langkah Sepanjang Jalan



Anumodana Penerjemah : Tim Sekber PMVBI (Sdr. Amri, S.E.)


LANGKAH-LANGKAH SEPANJANG JALAN
Siapa itu arhat (arahat)? Apa itu nirvana (nibbana)?
Seorang arahat adalah orang yang telah menghilangkan ketidaktahuan dan emosi-emosi pengganggu (amarah, kemelekatan, keirihatian, kesombongan, dll) dari batinnya untuk selama-lamanya. Sebagai tambahan, ia telah menyucikan semua karma yang dapat menyebabkan kelahiran kembali pada roda samsara. Orang ini tinggal di alam kedamaian, di luar semua kegelapan dan penderitaan, yang dinamakan nirvana atau pembebasan.
Apa itu bodhi atau pencerahan?
Sebagai tambahan dari menghilangkan ketidaktahuan, emosi-emosi pengganggu, dan karma dari batin, seorang Buddha juga telah menghilangkan noda dari kekotoran ini. Jadi, seorang Buddha telah menyucikan semua kekotoran dan mengembangkan semua kualitasnya. Akibat yang dihasilkan disebut pencerahan
Apa itu bodhisattva, mahluk yang berdedikasi?
Seorang bodhisattva adalah mahluk yang secara spontan dan terus menerus memiliki harapan mencapai pencerahan bagi manfaat semua mahluk. Dengan mempraktikkan sang jalan, orang ini akan meraih tingkat kebuddhaan.
Ada tingkatan berbeda dari bodhisattva, menurut tingkatan realisasinya. Beberapa masih belum bebas dari roda samsara, sementara yang lain telah bebas. Yang terakhir ini dapat secara sukarela terlahir di dunia ini, dengan kekuatan welas asih, guna membantu yang lain. Para Buddha dapat melakukan hal ini juga.
Apa itu seorang arya, mahluk superior atau mulia?
Ini adalah seorang yang memiliki realisasi langsung akan kekosongan. Realisasi ini terjadi sebelum seseorang menjadi arahat atau Buddha, dan oleh karena kebijaksanaan merealisasi kekosongan ini seseorang menghilangkan ketidaktahuan, emosi-emosi pengganggu, karma, dan noda-nodanya, maka tercapailah pembebasan dan pencerahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...