Minggu, 06 Mei 2012

Open Heart, Clear Mind - Ven Thubten Chodron



Ven. Thubten Chodron adalah seorang bikkhusuni yang dilahirkan di California tahun 1950 dalam keluarga Yahudi. Ven. Thubten Chodron juga merupakan murid dari HH Dalai Lama 14, Tsenzhap Serkong Rinpoche, Thubten Zopa Rinpoche.


Tahun 1971, beliau yang guru SD sekaligus mahasiswi ini mendapat gelar BA dalam bidang Sejarah dari University of California, Los Angeles. Tahun 1975 dalam kunjungan Lama Yeshe dan Lama Zopa ke Amerika, beliau tertarik mengikuti kursus agama Buddha dari kedua lama (biksu) ini. Ketertarikannya belanjut dengan belajar dan mempraktekkan tradisi Tibet di Nepal. Tahun 1977, beliau memutuskan menjadi samaneri, kemudian menerima pentahbisan secara penuh sebagai biksuni pada tahun 1986, di Taiwan.

“Ven. Chodron dikenal oleh upaya dan karyanya dalam membangun kembali silsilah bhiksuni, mengembangkan dialog lintas agama, membuat kelas Dharma di penjara dan mengajarkan Dharma ke punjuru dunia. Ajaran-ajaran beliau menekankan agama Buddha yang praktis untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Beliau dikenal dan dihargai karena membuat agama Buddha menjadi sangat mudah dipahami dan dipraktikkan oleh orang Barat”

Merupakan kebahagiaan bagi kita, bahwa di tengah kesibukannya sebagai kepala wihara Sravasti Abbey di Newport, Washington, beliau bersedia datang ke Indonesia. Tidak lupa, beliau akan datang ke Kota Pahlawan (Surabaya) untuk berbagi Dharma demi kebahagiaan semua makhluk.

"Open Heart, Clear Mind"
Rabu, 9 Mei 2012, Pk. 18.00 - Selesai
Vihara Buddhayana Surabaya
Jl. Putat Gede No. 1, Surabaya



by: Elwin Zhang (Imabi Jatim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...